Senin, 14 Maret 2016

Best Practise



BEST PRACTISE
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR, RASA PERCAYA DIRI DAN MENUMBUHKAN SIKAP POSITIF ANAK DALAM MENGENALKAN JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI TEKNIK BELAJAR ALA PANTONIM

1.        PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Masalah
Mengajar di kelas I tingkat Sekolah Dasar (SD) dapat dikatakan bahwa teknik mengajar yang tepat digunakan tidak jauh berbeda dengan teknik pembelajaran yang diterapkan pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Teknik belajar sambil bermain menjadi teknik mengajar yang banyak direkomendasikan oleh pakar pendidikan dan ahli psikologi perkembangan anak. Teknik belajar bermain sambil belajar dianggap tepat untuk anak pada usia 6 – 7 tahun (fokus usia kelas I SD). Pembelajaran yang dilakukan harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak, baik secara fisik maupun psikis. Pada usia tesebut anak masih berada pada tahapan operasional konkret dimana anak dapat dengan mudah memahami sesuatu dalam bentuk yang nyata (konkret). Teknik pembelajaran yang dikemas dalam bentuk permainan merupakan teknik yang disukai anak-anak pada usia tersebut.
Namun pada siswa kelas I SD  tentu memiliki masalah yang berbeda dengan pada pembelajaran PAUD. Bahkan pada kelas ini kemampuan anak menjadi sangat beragam mengingat jumlah murid dalam satu kelas jauh lebih besar ditambah lagi dengan anak yang tidak melalui jenjang PAUD (non TK).
Pada materi pelajaran Tema Pekerjaan pada indikator mengenal jenis-jenis pekerjaan, jika dipandang dari segi waktu dan persiapannya tentunya kurang efektif jika harus mendatangkan orang dengan beberapa profesi.  kegiatan yang dimaksud biasanya dalam bentuk kelas inspirasi. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan mengalokasikan waktu yang khusus. Di dalam buku pegangan siswa sudah dilengkapai dengan gambar beberapa profesi. Tetapi jika hanya menebak jenis profesi pada gambar, anak-anak melihatnya bukan sesuatu hal yang baru. Mereka telah terbiasa belajar dengan cara itu saat bermain ataupun saat mereka masih TK.
Oleh karena itu, kami merancang suatu kegiatan pembelajaran yang baru dan menantang bagi siswa. Kegiatan belajar yang dapat membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri siswa serta pengalam belajar yang menyenangkan bagi anak. Teknik pembelajaran yang diterapkan adalah suatu paket pembelajaran dengan mengadopsi teknik pertunjukkan pantonim yakni menirukan gerak dengan tanpa suara. Teknik ini kami namai “Teknik Belajar Ala Pantonim”.

B.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, dapat dituliskan rumusan masalahnya sebagai berikut:
Apakah penerapan  teknik pembelajaran ala pantonim dapat meningkatkan minat belajar, rasa percaya diri dan sikap positif siswa terhadap berbagai jenis pekerjaan pada materi Tema Pekerjaan Kelas I A SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga?”

C.       Pendekatan Penyelesaian Masalah
Pendekatan yang digunakan pada tenik pembelajara ini adalah pendekatan student center. Teknik pembelajaran ini dikemas dalam bentuk permainan ala pantonim dengan gambaran kegiatan sebagai berikut:
1)        Guru menyampaikan tujuan dan kegiatan yang akan dilakukan.
2)        Setelah siswa siap, guru menerbangkan pesawat dengan muatan nama profesi tertentu. Misalnya guru, polisi, tukang jahit, dokter, pemain bola dan lain sebagainya.
3)        Siswa yang berada paling dekat saat pesawat mendarat adalah siswa yang harus memperagakan jenis profesi yang dimaksud di depan kelas. Siswa yang lain mengamati dan menyebutkan nama profesi yang diperagakan. Gerakan siswa harus terus dilanjutkan sampai ada siswa lain yang dapat menebak dengan tepat profesi yang dimaksud.
4)        Jika siswa menjawab benar maka pantonim dihentikan. Peraga pantonim dan siswa yang menjawab benar diberi reward bintang.
5)        Demikian selanjutnya hingga dirasa telah cukup mewakili pengetahuan siswa tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat.
Dari teknik pembelajaran “Ala Pantonim”  tersebut selain menambah wawasan siswa tentang jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat, terdapat pula beberapa keuntungan dari pengalaman belajar siswa yakni:
1)        Siswa sangat antusias dalam belajar. Minat mereka terlihat sangat besar terhadap pelajaran. Sangat tampak bahwa mereka belajar dengan gembira.
2)        Melatih siswa untuk percaya diri tampil di depan teman-temannya. Hal ini terlihat pada awal proses pembelajaran, siswa yang pada giliran awal terlihat canggung namun dengan melihat beberapa tampilan mereka menjadi tidak malu-malu lagi menirukan gerakan profesi tertentu. Bahkan saat kegiatan akan berakhir mereka tetap semangat mengajukan tangan meminta giliran sambil berteriak “Bu...saya lagi ... saya berani!!”.
3)        Kegiatan ini dilengkapi dengan penjelasan guru untuk menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pekerjaan yang ada dalam masyarakat bahawa tiap pekerjaan itu mulia sepanjang pekerjaan tersebut halal dan benar.
D.       Tujuan
Tujuan penerapan teknik pembelajaran ala pantonim pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan adalah:
1)        Meningkatkan minat belajar, rasa percaya diri dan menumbuhkan sikap positif siswa terhadap berbagai jenis profesi.
2)        Menciptakan suasana belajar yang gembira dan menggembirakan.
3)        Memberikan informasi baru tentang satu teknik pembelajaran yang dapat menjadi satu referensi bagi guru dalam mengajarkan materi jenis-jenis pekerjaan untuk siswa kelas I SD.
2.        Abstrak
Rawiah, 2016: Meningkatkan Minat Belajar, Rasa Percaya Diri Dan Menumbuhkan Sikap Positif Anak dalam Mengenalkan Jenis-Jenis Pekerjaan Melalui Teknik Belajar Ala Pantonim pada Siswa Kelas I SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga.
Teknik belajar sambil bermain menjadi teknik mengajar yang banyak direkomendasikan oleh pakar pendidikan dan ahli psikologi perkembangan anak. Pembelajaran yang dilakukan harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak, baik secara fisik maupun psikis. Pada usia tesebut anak masih berada pada tahapan operasional konkret dimana anak dapat dengan mudah memahami sesuatu dalam bentuk yang nyata (konkret).
Oleh karena itu, perlu dirancang suatu kegiatan pembelajaran yang baru dan menantang bagi siswa. Suatu proses belajar yang dapat membangkitkan motivasi dan rasa percaya diri siswa serta pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak. Teknik pembelajaran yang diterapkan adalah suatu paket pembelajaran dengan mengadopsi teknik pertunjukkan pantonim yakni menirukan gerak dengan tanpa suara. Teknik ini kami namai “Teknik Belajar Ala Pantonim”.
Pada saat teknik ini diterapkan terlihat siswa sangat bersemangat dan antusias dalam belajar. Kegiatan belajar ini juga dapat melatih siswa untuk percaya diri tampil di depan teman-temannya serta dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap pekerjaan yang ada dalam masyarakat














 



                                     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar