Selasa, 29 Maret 2016

LAGU PEMBELAJARAN DAN ICE BREAKING (SCHOOL OF MASTER TEACHER SULSEL)



A.      Lagu-Lagu Pembelajaran
1.       GERAK BENDA (lirik : anjing Kecil)

Aku punya benda bulat
Benda mudah bergerak
Aku punya benda bundar
Benda mudah bergerak
Bola ...prok 3x
Kelereng ...prok 3x                                         2 x
Roda...benda mudah bergerak
                Ada benda tidak bulat
Benda sulit bergerak
Ada benda tidak bundar
Benda sulit bergerak
Meja..prok 3x
Lemari...prok 3x                                     2 x
Batu...benda sulit bergerak
-          Lagu Gerak Benda diberikan setelah melakukan percobaan gerak beberapa benda.
-          Lagu ini dapat  menguatkan ingatan siswa tentang benda-benda sekitar yang mudah dan sulit bergerak.
-          Lagu disertai dengan gerakan bertepuk tangan, menepuk meja dan menunjuk benda yang dimaksud dalam lagu atau mendemonstarsikan bentuknya.


 1.       RUKUN ISLAM
Ayo kawan cobalah terka...
Rukun Islam ada berapa?
Aku mengerti..
Rukun Islam lima
Syahadat, sholat, puasa, zakat haji.... 2 x
-          Lagu rukun Islam untuk memudahkan anak menghafal rukun islam yang notabene istilah dan bahasanya abstrak masih susah dipahami anak-anak pada usia kelas I.

2.       CUACA CERAH
Hari ini cuaca cerah...
Tahukah kamu
Apa tandanya...
Langit bersih,
tidak berawan
Udara panas,
lingkungan terang 2 x
-          Lagu cuaca cerah untuk memberi penguatan pemahaman tentang ciri-ciri cuaca cerah.



3.       SUARA BINATANG (lirik : Becak)
Harimau mengaum (aum)
Serigala melolong (ouuuuuhkng)
Anjing-anjing menggonggong (guk-guk)
Sapi-sapi melenguh (moooo)
Kambing-kambing mengembik (mbeee)
Kuda-kuda meringkik (hik-hik)
Ular-ular semua mendesis
                Tikus-tikus mencicit (cit-cit)
Ayam jantan berkokok (kukuruyuk)
Bebek-bebek mengkwek-kwek (kwek-kwek)
Katak-katak mendengkung (ungk-ungk)
Kerbau-kerbau melenguh
Subhanallah, Maha Suci Allah.
-          Lagu ini untuk mengenalkan suara-suara binatang yang dipakai dalam materi mendeskripsikan benda sekitar.
-          Bisa menjadi penyemangat siswa di tengah-tengan pembelajaran, sebab umumnya siswa sangat senang menirukan suara binatang.
-          Lagu dapat dinyanyikan bersama-sama, dapat juga syair dinyanyikan oleh guru dan suara binatang ditirukan serempak oleh siswa.



4.       PALU-PALU  (
Ada satu palu..palu..palu
Tambah satu palu..palu...palu..
Menjadiiiii.....dua
Ada dua palu...palu...palu..
Tambah satu palu...palu...palu
Menjadi .....tiga dst (sampai lima)
Ada lima lima palu...palu...palu
Kurang satu palu...palu...palu
Sisanyaaaa....empat
Ada empat palu...palu...palu
Kurang satu palu..palu..palu
Sisanyaaaa....tiga dst (sampai 0)
-          Lagu ini dinyanyikan untuk mengajarkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan 1 – 5  pada semester awal siswa kelas I.
-          Lagu  disertai dengan gerakan memalu 1 – 5 menggunakan anggota tubuh yakni:
a.       Satu : 1 kepalan tangan
b.       Dua  : kepalan tangan kiri dan kanan
c.        Tiga  : dua tangan tambah kentakan kaki kanan
d.       Empat  : dua tangan tambah hentakan kedua  kaki
e.       Lima    : dua tangan, dua kaki ditambah anggukan kepala atas bawah.
-          Guru dapat mengacak angka dan perintah tambah atau kurang.



5.       BEBEK BERENANG
Ada tujuh bebek pergi berenang
Naik ke bukit lalu menghilang
Induk bebek mencari kwek kwek
Hilang satu tinggal .... (enam)
                Ada enam bebek pergi berenang
Naik ke bukit lalu menghilang
Induk bebek mencari kwek kwek
Hilang satu tinggal .... (lima)
(Lagu diulang sampai jumlah bebek habis.
Lagu disertai dengan gerakan:
a.       Menunjukkan jumlah bebek dengan jari tangan
b.       Membuat menara di atas kepala untuk kata bukit
c.        Menutup wajah dengan tangan pada kata hilang
d.       Mengepakkan bahu pada kata induk bebek mencari kwek-kwek.
Untuk pengembangan lagu hilang dapat diganti dengan ketemu untuk menanamkan konsep penjumlahan)


6.       BUKA TUTUP
Buka...tutup 2x
Bertepuk tangan
Buka...tutup 2x
Tangan digenggam
Diguling-guling 2x
Sampai hati senang
Diguling-guling 2x 
Sambil tertawaaa...ha..ha
Sambil teriakkk.....horeeee
Sambil melompat....uhuuuuy.
e.       Lagu sebagai penyemangat .
f.         Dilakukan sambil berdiri untuk memudahkan menirukan gerakan yang ada dalam lagu.

B.      Ice Breaking
1.       Bertanya khabar
Apa khabar hari ini???
Alhamdulillah (gerakan tangan menyilang di dada)
Luar biasa (gerakan tangan merentang di depan)
Berseeeemangaatttt..(gerakan kedua tangan diputar berlawanan arah kemudian mengepalkannya dan mengayun ke udara dengan penuh kekuatan).

2.       Yel-Yel ala Yonkav 10 Serbu
Ayo maju kelapa tiga...2x
Klapa tigaaaaa....
Kobarkan semangat korsa di dada
Disiplin, cerdas dan setia...
Klapa tiga..tetap jaya selamanyaaa...ca..ca..ca..heyyyy



3.       Semangat ala Yonkav 10 Serbu
Selamat pagi....!!!!
Pagi...pagi..pagi  (tangan kanan dikibas di depan dada dengan ketinggian berbeda-beda, dari bawah ke atas)
Siapa kitaaaaa....!!!!
Kelapa tiga...Kelapa Tiga...Kelapa Tiga (gerakan sda)
Adakah Kelapa tiga di matamu...?????
Adaaa....(gerakan menerkam di depan mata dengan arah berlawanan)
Adakah di dadamuu......!!!!!
Adaaa....(gerakan tangan mengoyak dada dengan arah berlawanan)
Manaaa....????
Ini diaaa...(gerakan kedua tangan ditarik dari depan dada dan disilangkan di dada)
Gerakan dilakukan dengan suara yang keras (segarang mungkin) dan penuh semangat.

 4.       Mengenal Lambang-Lambang Pancasila
Lambang-lambang Pancasila
Satu.......!!!
bintang (gerakan tangan kanan menunjuk ke atas)
Duaa...!!!
Rantai (gerakan membuat lingkar kalung di leher)
Tiga....!!!
Pohon beringin (gerakan membuat lingkaran pohon yang rindang dan besar)
Empat....!!!
Kepala banteng (gerakan dua telunjuk di atas kepala, dilanjutnyan dengan gerak mengoyak depan wajah sambil berteriak menirukan banteng yang marah)
Lima.....!!!
Padi.....kapas (gerakan tangan di kepal dan diacungkan, kanan baru kiri)

 5.       Lagu tepuk kompak pelangi.
Pelangi..pelangi alangkah indahmu
Merah kuning hijau di langit yang biru
Pelukismu agung
Siapa gerangan
Pelangi-pelangi..
Ciptaan Tuhan
-          Lagu dinyanyikan dengan cara bertepuk berpasangan dengan hitungan 1, 2 dan 3 sebagai berikut:
a.       Tangan setengan direntangkan dengan telapak tangan menghadap ke atas berpasangan dengan teman di samping kiri dan kanan.
b.       Hitungan 1 tangan kanan menenpuk tangan kiri.
c.        Hitungan 2 tangan kanan menepuk paha.
d.       Hitungan 3 tangan kanan menepuk tangan kiri teman disampingnya.
e.       Setelah tepukan kompak dan sambung menyambung kemudian diiringi lagu “Pelangi”.
6.       Tepuk Hebat
Dum...(tangan kanan menepuk bahu  kiri 1x)  takkkk...(tangan kanan menepuk tangan kiri)
Dum...dum..takkkk
Ryas (nama teman) hebat...(sambil mengacungkan jempol kepada ybs).

7.       Tepuk Keren
Prok..prok..prok (bertepuk)
Dua jempol...(sambil mengacungkan jempol)
Prok..prok..prok...
Untuk ....(Nama siswa)
Keren...3x (jempol kanan dan kiri diacungkan bergantian)

 8.       Kata Pengecoh
-          Letakkan telunjuk kanan teman  pada telapak tangan  siswa disamping kirinya dan telunjuk kanan siswa di tangan kiri temannya.
-          Instruksikan bahwa setiap anak harus menangkap telunjuk temannya setiap ada kata “apel”.
Misalnya:
Ibu ke pasar membeli “apa”? ada buah ada sayur dan kebutuhan lain. Buahnya banyak, ada mangga, a...nggur, a....pa lagi? Ada nenas dan apel.... dst.
9.       Tepuk wak wau
Dilakukan sambil bertepuk tangan:
Waaau.....
Keren......
Wak...wau....keren...(beri jeda) .... augh (gerakan tangan sambil menembak)
Waaau......
Keren.....
Wak.....wauuu...kerennn....au...

10.    Uji konsentrasi
1      =  tepuk satu tangan di depan dada
2      = kedua tangan memegang kepala
3      = kedua tanagn memegang bahu
4      = kedua tangan di atas perut
5      = bertepuk tangan (prok..prok..prok)
-        Contohkan 2 sampai tiga kali.
-        Setelah itu intruksi berupa angka dapat diacak misal 3   2   1   3   5 dan lainnya.
-        Siswa memperagakan gerakan sesuai dengan angka yang diucapkan oleh guru.
11.    Lagu topi saya bundar
Aturan:
Topi = kedua tangan di kepala
Saya = tangan di dada
Bundar = kedua tangan membentuk lingkaran
Tidak = tangan kanan melambai kiri kanan sebagai isyarat tidak mau.
-        Nyanyikan Lagu Tpoi Saya Bundar diiringi gerakan tangan seperti di atas.
-        Ubah pola permainan, guru memperagakan gerakan sedangkan siswa atau peserta bernyanyi sesuai irama lagu Topi Saya Bundar dengan mengikuti gerakan yang diperagakan guru.
12.    Uji Kemampuan Literasi
a.     Menebak atau mencari kata-kata yang huruf awalnya merupakan huruf akhir dari kata yang diucapkan peserta sebelumnya.
Misalnya:
Ikan -----nasi -----ijazah  ----- hapus ..... dst
b.     Setelah seluruh peserta paham, permainan dilanjutkan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Misalnya dengan membuat kalimat berpola S P O dengan menggunakan kata terakhir yang diucapkan oleh peserta sebelumnya.
Misalnya:
Saya makan nasi ----- nasi goreng kesukaanku ------ kesukaanku nonton film komedi........... dst.
13.    Semangat Apa Khabar
Jika guru bertanya “Apa khabar hari ini???
Dijawab siswa dengan:
Alhamdulilah (kedua tangan bersedekap di depan dada)
Luaaarr biasa  (tangan kanan mengepal 900, tangan kiri diatas perut)
Beeerrrrrsemanagattt (kedua tangan mengepal sambil diputar kemudian dilepaskan ke udara)
Kegiatan ini dilakukan dengan penuh semangat (power full)
14.    Uji Kemampuan Matematis
a.       Rumus 1
Instruksinya = Dengarkan baik-baik! (yang diperhatikan adalah jumlah kata-katanya) kegiatan sambil menunjukkan jari-jari tangan. Ulangi hingga beberapa kali.
Ini = 1
Yang ini = 2
Kalau yang ini = 3
b.       Rumus 2
Instruksinya = Ini jauh lebih mudah, perhatikan baik-baik! (yang diperhatikan adalah jumlah jari yang diacungkan)
Setelah itu, tentukan rumus yang akan digunakan. Misal rumusnya adalah 1  2  1. Acungkan jari-jari tangan, peserta menebak angka yang dimaksud sesuai dengan rumus/aturan yang disebutkan.
15.    Saling Mengenal Nama-Nama Peserta
Peserta berdiri membentuk lingkaran.
-        Tepuk tangn 3x (prok..prok..prok)
-        Tepuk paha 3x (sebut nama sendiri)
-        Tepuk tangan 3x (prok..prok..prok)
-        Tepuk paha 3x  (sebutkan nama peserta lain yang dikenal)
-        Kegiatan dilanjutkan lagi oleh peserta yang disebut namanya oleh peserta sebelumnya. Demikian seterusnya.
-        Seluruh peserta terus bertepuk sepanjang permainan. Tepukan yang kompak membuat permainan ini menjadi sangat menarik.
16.    Ice breaking motivasi
Guru : Anda siap belajar hari ini????
Siswa : Siaaappppp...
Guru : Yakin...???
Siswa :           Jika... (tangan kanan lurus ke depan)
                        Belajar...(tangan kiri lurus ke depan)
                        Saya  ...(kedua tangan ditekuk membentuk 900 )
Biisaaa...(kedua tangan ditarik kuat ke belakang, kedua tangan tetap mengepal.               
17.    Tepuk Cantik
a.     Untuk perempuan
Tepuk cantikkk....!!!!
Prok...prok..prok
Maju..maju..maju (sambil maju tiga langkah)
Mundur..mundur..mundur  (mundur tiga langkah)
Cantik.... (berpose bak model sambil menghadap ke kanan)
Cantik....(berpose bak model sambil menghadap ke kiri)
Cantik...(berpose bak model dengan menghadap ke depan)
b.     Untuk laki-laki
Tepuk ganteng...!!!!
Prok..prok..prok..
Kanan..kanan..kanan (melangkah ke kanan)
Kiri...kiri...kiri (melangkah ke kiri)
Ganteng...ganteng..ganteng (dengan gerakan bak model pria).
18.    Permainan sambil mengenal buah dalam Bahasa Inggris
Permainan ini dilakukan dengan cara bernyanyi sambil meperagakan bentuk buah. Langkah permainan sebagai berikut:
-        Watermelon..watermelon..(kedua tangan membentuk lingkaran di depan perut)
-        Papaya..papaya...(tangan kiri dan kanan bergerak 2x ke atas dengan posisi tidak sejajar dan telapak tangan menghadap ke atas. Dilakuakn secara bergantian )
-        Banan..banana..(kedua tangan dipinggang sambil bergoyang ke kanan dan ke kiri)
-        Tomato.....tomato...(kedua tangan menggambar lingkaran sebanyak 2 x)
19.    Permainan menembak
-        Jika ada kata Doorrr......(gerakan tangan menembak), peserta menjawab “buummm”...
-        Dan jika diucapkan kata Buuummm..., peserta menjawab Aaacchhh...(dengan gerakan tangan dan badan yang lemas ke belakang).
20.    Menunjuk arah
Permainan ini untuk mengaktifkan peserta untuk berpindah tempat. Langkah permainannya adalah:
Guru : Angin berhembusss......!!!
Peserta: Berhembus kemana??????
Guru : berhembusss ke ..... (sebutkan tempat atau warna pakian pesrta)
Maka seluruh peserta karus berlari ke tempat yang disebutkan.




SEPATAH KATA DARI PENULIS

B.         Latar Belakang
Proses pembelajaran yang dilakukan harus melibatkan tiga unsur yakni guru, siswa dan sumber belajar. Ketiga unsur tesebut merupakan komponen utama yang harus terpenuhi, ditunjang dengan penggunaan model pembelajaran, metode dan media demi tercapainya tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap guru memiliki kemampuan berbeda, penguasaan metode yang berbeda namun hal tersebut bukanlah masalah dan bukan sesuatu yang salah sepanjang kegiatan tersebut mengikuti prosedur pembelajaran dan ada tujuan yang jelas yang akan di capai.
Siswa sebagai subyek belajar tentunya harus menjadi prioritas utama. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran harus diperhatikan, semakin siswa terlibat dalam pembelajaran semakin memungkinkan ketercapaian tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan hasil yang optimal.
Namun berdasarkan pengamatan dan pengalaman kami, terkadang proses belajar sudah aktif, tujuan sudah tercapai tetapi kebermaknaan pembelajaran terkadang bisa tergerus oleh waktu. Hari ini mungkin sebagian besar anak bisa ingat, tetapi keesokan harinya mereka lupa lagi sehingga terkadang membuat guru prustasi.Hal tersebut di atas sering kami jumpai dalam materi-materi apa pun dan pada mata pelajaran apapun.
Berdasarkan pada keadaan tersebut di atas, kami berusaha untuk mencoba membuat satu terobosan sebagai implementasi keikutsertaan kami dalam pelatihan “Menjadi Guru Asyik dan Menyenangkan” yang menjadi sumber inspirasi dan ladang ilmu baru bagi kami. Kami memulai mengemas kesimpulan materi pelajaran dalam bentuk lagu.  Lirik lagu merupakan gubahan dari lagu yang rata-rata lagu anak yang telah mereka hapal.
C.        Dasar pertimbangan
Mengemas materi pelajaran kami pilih dengan pertimbangan bahwa:
1.       Anak-anak usia SD sangat suka menyanyi, apaun jenisnya.
2.       Anak-anak cenderung lebih mudah menghafal lagu dibandingkan dengan jenis bacaan biasa.
3.       Lagu-lagu dapat dinyanyikan lagi kapan saja sehingga pengulangan terus ada jadi anak tidak lupa.
4.       Dengan  menyanyi anak tidak bosan dan dapat menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi mereka. Jika anak senang belajar apapun akan mereka terima dengan baik.
D.        Manfaat dan Isi
Lagu-lagu pembelajaran dan ice breaking dapat memberi manfaat seperti:
-        Lagu berupa rangkuman materi pelajaran sangat mudah dihafal dan mudah diingat anak.
-        Membantu guru menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan.
-        Ice breaking...pemacu semangat.
      Buku ini berisi kumpulan lagu pembelajaran dan ice breaking sederhana yang dapat dilakukan oleh semua guru karena tidak menggunakan teknik yang rumit. Isi lagu dan ice breaking hasil kreasi sendiri dan hasil karya orang lain yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan.
E.         Harapan
Semoga sumbangan kecil ini bisa memberi arti bagi murid-muridku dan pihak-pihak yang ingin menggunakannya.  Tulisan ini sangatlah jauh dari kesempurnaan, olehnya itu saran dan kritik sangat kami harapkan demi perbaikan di masa yang akan datang.
Fastabiqulkhaerat

Makassar,                   2015


     Penulis



SURAT PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga:
Nama                        : Hj. Hasnawati, S.Pd
NIP.                            : 195911301986122001
Pangkat/gol              : Pembina Tk. I / IV b
Dengan ini memberikan apresiasi yang tinggi kepada  guru yang tersebut namanya di bawah ini:
Nama                        : Rawiah, S.Pd
NIP.                            : 197604122004112001
Jabatan                     : Guru Kelas I A
        Atas kerja kerasnya dalam menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan memberikan lagu-lagu pembelajaran dan ice breaking di antara kegiatannya sehingga siswa semangat dan termotivasi untuk belajar dengan baik.
Makassar, ..................... 2015
Kepala sekolah



Hj. Hasnawati, S.Pd
NIP. 195911301986122001








2 komentar: