RESOLUSI TAHUN 2016
Insya Allah
tahun ini saya akan membuat karya berupa:
1.
Display
Aquarium Tiga Dimensi
Display
membuat kelas menjadi indah, menarik dengan muatan pelajaran yang sewaktu-waktu
dapat dilihat oleh guru, siswa dan bahkan siapa saja. Berkat ilmu yang kami
peroleh pada program School of Master Teacher Dompet Dhuafa Makassar sudah kami
terapkan di sekolah. Alhamdulillah minat dan antusias siswa sangat besar. Hal
ini membuat kami semakin bersemangat untuk merancang model-model display.
Tahun lalu sudah ada model display tiga dimensi berbentuk pohon dan
taman bunga, serta model dua dimensi kehidupan laut, jalan raya. Insya Allah
pada tahun ini akan saya perindah lagi dengan membuat model display aquarium sedrhana
dengan rancangan sebagai berikut:
a.
Alat dan bahan:
1)
Alat:
-
Cutter
-
Gunting
2)
Bahan:
-
Kardus
ukuran besar (mis. kardus TV, kipas angin, mesin cuci atau lainnya)
-
Plastik
bening yang agak tebal sebagai pengganti kaca.
-
Kawat
-
Benang
-
Karton warna
biru
-
Lem atau
isolasi
b.
Cara pembuatan:
-
Sisi depan,
samping kiri dan kanan kardus dipotong menggunanakan pisau cutter dengan tetap
mempertahankan tulang kardus selebar ±3 cm pada
setiap sisinya. Pada sisi bagian belakang buat 2 lubang udara dengan diameter ±10 cm atau sesuaikan ukuran kardus. Lubang udara dapat juga
dibuat pada bagian samping.
-
Tutup dengan
menggunakan plastik pada ketiga sisi kardus yang terbuka.
-
Sisi belakang
kardus bagian dalam ditutup dengan kertas warna biru laut.
-
Pasang kawat
secara melintang pada bagian atas kardus sebagai tempat menggantung worksheet.
-
Rapikan
bagian atas kardus dan bungkus sebagai atap.
-
Simpan batu,
kerikil serta tanaman kecil dalam aquarium
c.
Cara
penggunaan
-
Buat
woksheet berbentuk ikan, bintang laut dan lainnya yang akan digunakan siswa.
-
Siswa
mewarnai worsheet sesuka hati.
-
Setelah
penilaian ikat worksheet dengan benang dan gantung pada kawat dalam aquarium.
-
Ikan-ikan
dalam aquarium akan bergerak-gerak karena tiupan angin dari lubang pada sisi
belakang aquarium.
2.
Membuat
Modul dan Alat Peraga Aksara Lontarak Makassar
Berdasarkan
hasil pengamatan yang kami lakukan di sekolah, minat dan kemampuan siswa dalam
berbahasa daerah semakin menurun. Meskipun diajarkan di sekolah tapi hanya
sekedar memenuhi tuntutan kurikulum. Guru yang notabene berasal dari suku atau
daerah lain terpaksa harus mengajarkan bahasa lokal yang belum tentu dimengerti
oleh yang bersangkutan. Literatur dan referensi yang sangat minim semakin
memperparah kondisi tersebut. Oleh karena itu, kami membuat suatu modul
sederhana untuk kelas I yang berisi intisari bahasa Makassar yakni “mengenal
Aksara Lontarak”. Modul akan berisi
-
huruf-huruf
dari aksara lontarak,
-
kata yang
seseuai dengan huruf yang dikenalkan dan gambarnya
-
nama-nama
bagian-bagian tubuh
-
nama-nama
bilangan dan lambangnya.
Untuk
mempermudah siswa, modul ini akan dilengkapi dengan alat peraga model lipatan
huruf .
Rancangan
alat peraga:
-
Kardus
dengan ukuran 10 x 19 cm.
-
Kardus
dilipat secara bolak balik dengan ukuran 10 x 10 cm. Jumlah lipatan sesuai
jumlah huruf lontarak yang akan ditulis yakni 19.
-
Kedua sisi
kardus dibungkus dengan kertas polos dengan warna yang berbeda.
-
Satu sisi
dituliskan huruf dan bacaannya, sedangkan pada sisi yang lainnya huruf dibuat
dengan menyusun potongan-potongan pipet. Membuat huruf lontarak dari potongan
pipet sangat memungkinkan mengingat aksara lontarak terdiri dari rangkaian
garis-garis lurus yang melambangkan filosofi suku bugis makassar “malempu”
(Bugis= lurus) yang artinya berada di jalan lurus (benar), berhati lurus, jujur
dan tulus.
Semoga satu
karya kecil ini nantinya akan memberi sumbangsi dalam upaya pelestarian
kekayaan budaya bangsa, khususnya Bahasa Makassar. Semoga Allah swt memberi
pertolongan dan kemudahan sehingga tahun ini bisa terlaksana.
Amin...............
Berharap ada foto displayx bu,,
BalasHapus