A.
Lagu-Lagu
Pembelajaran
1. GERAK BENDA (lirik : anjing
Kecil)
Aku punya benda bulat
Benda mudah bergerak
Aku punya benda bundar
Benda mudah bergerak

Kelereng ...prok 3x 2 x
Roda...benda mudah bergerak
Ada benda tidak bulat
Benda sulit bergerak
Ada benda tidak bundar
Benda sulit bergerak

Lemari...prok
3x 2 x
Batu...benda sulit bergerak
-
Lagu
Gerak Benda diberikan setelah melakukan percobaan gerak beberapa benda.
-
Lagu
ini dapat menguatkan ingatan siswa
tentang benda-benda sekitar yang mudah dan sulit bergerak.
-
Lagu
disertai dengan gerakan bertepuk tangan, menepuk meja dan menunjuk benda yang
dimaksud dalam lagu atau mendemonstarsikan bentuknya.
1.
RUKUN
ISLAM
Ayo kawan cobalah terka...
Rukun Islam ada berapa?
Aku mengerti..
Rukun Islam lima
Syahadat, sholat, puasa, zakat
haji.... 2 x
-
Lagu
rukun Islam untuk memudahkan anak menghafal rukun islam yang notabene istilah
dan bahasanya abstrak masih susah dipahami anak-anak pada usia kelas I.
2.
CUACA
CERAH
Hari ini cuaca cerah...
Tahukah kamu
Apa tandanya...
Langit bersih,
tidak berawan
Udara panas,
lingkungan terang 2 x
-
Lagu
cuaca cerah untuk memberi penguatan pemahaman tentang ciri-ciri cuaca cerah.
3.
SUARA
BINATANG (lirik : Becak)
Harimau mengaum (aum)
Serigala melolong (ouuuuuhkng)
Anjing-anjing menggonggong
(guk-guk)
Sapi-sapi melenguh (moooo)
Kambing-kambing mengembik
(mbeee)
Kuda-kuda meringkik (hik-hik)
Ular-ular semua mendesis
Tikus-tikus mencicit (cit-cit)
Ayam jantan berkokok
(kukuruyuk)
Bebek-bebek mengkwek-kwek
(kwek-kwek)
Katak-katak mendengkung
(ungk-ungk)
Kerbau-kerbau melenguh
Subhanallah, Maha Suci Allah.
-
Lagu
ini untuk mengenalkan suara-suara binatang yang dipakai dalam materi
mendeskripsikan benda sekitar.
-
Bisa
menjadi penyemangat siswa di tengah-tengan pembelajaran, sebab umumnya siswa
sangat senang menirukan suara binatang.
-
Lagu
dapat dinyanyikan bersama-sama, dapat juga syair dinyanyikan oleh guru dan
suara binatang ditirukan serempak oleh siswa.
4.
PALU-PALU (
Ada satu palu..palu..palu
Tambah satu palu..palu...palu..
Menjadiiiii.....dua
Ada dua palu...palu...palu..
Tambah satu palu...palu...palu
Menjadi .....tiga dst (sampai
lima)
Ada lima lima
palu...palu...palu
Kurang satu palu...palu...palu
Sisanyaaaa....empat
Ada empat palu...palu...palu
Kurang satu palu..palu..palu
Sisanyaaaa....tiga dst (sampai
0)
-
Lagu
ini dinyanyikan untuk mengajarkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan
bilangan 1 – 5 pada semester awal siswa
kelas I.
-
Lagu disertai dengan gerakan memalu 1 – 5
menggunakan anggota tubuh yakni:
a. Satu : 1 kepalan tangan
b. Dua : kepalan tangan kiri dan kanan
c.
Tiga : dua tangan tambah kentakan kaki kanan
d. Empat : dua tangan tambah hentakan kedua kaki
e. Lima : dua tangan, dua kaki ditambah anggukan
kepala atas bawah.
-
Guru
dapat mengacak angka dan perintah tambah atau kurang.
5.
BEBEK
BERENANG
Ada tujuh bebek pergi berenang
Naik ke bukit lalu menghilang
Induk bebek mencari kwek kwek
Hilang satu tinggal .... (enam)
Ada enam bebek pergi berenang
Naik ke bukit lalu menghilang
Induk bebek mencari kwek kwek
Hilang satu tinggal .... (lima)
(Lagu diulang sampai jumlah
bebek habis.
Lagu disertai dengan gerakan:
a. Menunjukkan jumlah bebek dengan
jari tangan
b. Membuat menara di atas kepala
untuk kata bukit
c.
Menutup
wajah dengan tangan pada kata hilang
d. Mengepakkan bahu pada kata
induk bebek mencari kwek-kwek.
Untuk pengembangan lagu hilang
dapat diganti dengan ketemu untuk menanamkan konsep penjumlahan)
6.
BUKA
TUTUP
Buka...tutup 2x
Bertepuk tangan
Buka...tutup 2x
Tangan digenggam
Diguling-guling 2x
Sampai hati senang
Diguling-guling 2x
Sambil tertawaaa...ha..ha
Sambil teriakkk.....horeeee
Sambil melompat....uhuuuuy.
e. Lagu sebagai penyemangat .
f.
Dilakukan
sambil berdiri untuk memudahkan menirukan gerakan yang ada dalam lagu.
B.
Ice
Breaking
1. Bertanya khabar
Apa
khabar hari ini???
Alhamdulillah
(gerakan tangan menyilang di dada)
Luar
biasa (gerakan tangan merentang di depan)
Berseeeemangaatttt..(gerakan
kedua tangan diputar berlawanan arah kemudian mengepalkannya dan mengayun ke
udara dengan penuh kekuatan).
2. Yel-Yel ala Yonkav 10 Serbu
Ayo
maju kelapa tiga...2x
Klapa
tigaaaaa....
Kobarkan
semangat korsa di dada
Disiplin,
cerdas dan setia...
Klapa
tiga..tetap jaya selamanyaaa...ca..ca..ca..heyyyy
3. Semangat ala Yonkav 10 Serbu
Selamat
pagi....!!!!
Pagi...pagi..pagi (tangan kanan dikibas di depan dada dengan
ketinggian berbeda-beda, dari bawah ke atas)
Siapa
kitaaaaa....!!!!
Kelapa
tiga...Kelapa Tiga...Kelapa Tiga (gerakan sda)
Adakah
Kelapa tiga di matamu...?????
Adaaa....(gerakan
menerkam di depan mata dengan arah berlawanan)
Adakah
di dadamuu......!!!!!
Adaaa....(gerakan
tangan mengoyak dada dengan arah berlawanan)
Manaaa....????
Ini
diaaa...(gerakan kedua tangan ditarik dari depan dada dan disilangkan di dada)
Gerakan
dilakukan dengan suara yang keras (segarang mungkin) dan penuh semangat.
4. Mengenal Lambang-Lambang
Pancasila
Lambang-lambang
Pancasila
Satu.......!!!
bintang
(gerakan tangan kanan menunjuk ke atas)
Duaa...!!!
Rantai
(gerakan membuat lingkar kalung di leher)
Tiga....!!!
Pohon
beringin (gerakan membuat lingkaran pohon yang rindang dan besar)
Empat....!!!
Kepala
banteng (gerakan dua telunjuk di atas kepala, dilanjutnyan dengan gerak
mengoyak depan wajah sambil berteriak menirukan banteng yang marah)
Lima.....!!!
Padi.....kapas
(gerakan tangan di kepal dan diacungkan, kanan baru kiri)
5. Lagu tepuk kompak pelangi.
Pelangi..pelangi
alangkah indahmu
Merah
kuning hijau di langit yang biru
Pelukismu
agung
Siapa
gerangan
Pelangi-pelangi..
Ciptaan
Tuhan
-
Lagu
dinyanyikan dengan cara bertepuk berpasangan dengan hitungan 1, 2 dan 3 sebagai
berikut:
a. Tangan setengan direntangkan
dengan telapak tangan menghadap ke atas berpasangan dengan teman di samping
kiri dan kanan.
b. Hitungan 1 tangan kanan
menenpuk tangan kiri.
c.
Hitungan
2 tangan kanan menepuk paha.
d. Hitungan 3 tangan kanan menepuk
tangan kiri teman disampingnya.
e. Setelah tepukan kompak dan
sambung menyambung kemudian diiringi lagu “Pelangi”.
6. Tepuk Hebat
Dum...(tangan
kanan menepuk bahu kiri 1x) takkkk...(tangan kanan menepuk tangan kiri)
Dum...dum..takkkk
Ryas
(nama teman) hebat...(sambil mengacungkan jempol kepada ybs).
7. Tepuk Keren
Prok..prok..prok
(bertepuk)
Dua
jempol...(sambil mengacungkan jempol)
Prok..prok..prok...
Untuk
....(Nama siswa)
Keren...3x
(jempol kanan dan kiri diacungkan bergantian)
8. Kata Pengecoh
-
Letakkan
telunjuk kanan teman pada telapak
tangan siswa disamping kirinya dan
telunjuk kanan siswa di tangan kiri temannya.
-
Instruksikan
bahwa setiap anak harus menangkap telunjuk temannya setiap ada kata “apel”.
Misalnya:
Ibu
ke pasar membeli “apa”? ada buah ada sayur dan kebutuhan lain. Buahnya banyak,
ada mangga, a...nggur, a....pa lagi? Ada nenas dan apel.... dst.
9. Tepuk wak wau
Dilakukan
sambil bertepuk tangan:
Waaau.....
Keren......
Wak...wau....keren...(beri
jeda) .... augh (gerakan tangan sambil menembak)
Waaau......
Keren.....
Wak.....wauuu...kerennn....au...
10. Uji konsentrasi
1 = tepuk satu tangan di depan dada
2 = kedua tangan memegang kepala
3 = kedua tanagn memegang bahu
4 = kedua tangan di atas perut
5 = bertepuk tangan (prok..prok..prok)
-
Contohkan
2 sampai tiga kali.
-
Setelah
itu intruksi berupa angka dapat diacak misal 3
2 1 3 5 dan lainnya.
-
Siswa
memperagakan gerakan sesuai dengan angka yang diucapkan oleh guru.
11. Lagu topi saya bundar
Aturan:
Topi
= kedua tangan di kepala
Saya
= tangan di dada
Bundar
= kedua tangan membentuk lingkaran
Tidak
= tangan kanan melambai kiri kanan sebagai isyarat tidak mau.
-
Nyanyikan
Lagu Tpoi Saya Bundar diiringi gerakan tangan seperti di atas.
-
Ubah
pola permainan, guru memperagakan gerakan sedangkan siswa atau peserta
bernyanyi sesuai irama lagu Topi Saya Bundar dengan mengikuti gerakan yang
diperagakan guru.
12. Uji Kemampuan Literasi
a. Menebak atau mencari kata-kata
yang huruf awalnya merupakan huruf akhir dari kata yang diucapkan peserta
sebelumnya.
Misalnya:
Ikan -----nasi -----ijazah ----- hapus ..... dst
b. Setelah seluruh peserta paham,
permainan dilanjutkan dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Misalnya
dengan membuat kalimat berpola S P O dengan menggunakan kata terakhir yang
diucapkan oleh peserta sebelumnya.
Misalnya:
Saya
makan nasi ----- nasi goreng
kesukaanku ------ kesukaanku
nonton film komedi........... dst.
13. Semangat Apa Khabar
Jika
guru bertanya “Apa khabar hari ini???
Dijawab
siswa dengan:
Alhamdulilah
(kedua tangan bersedekap di depan dada)
Luaaarr
biasa (tangan kanan mengepal 900, tangan
kiri diatas perut)
Beeerrrrrsemanagattt
(kedua tangan mengepal sambil diputar kemudian dilepaskan ke udara)
Kegiatan
ini dilakukan dengan penuh semangat (power full)
14. Uji Kemampuan Matematis
a. Rumus 1
Instruksinya
= Dengarkan baik-baik! (yang diperhatikan adalah jumlah kata-katanya) kegiatan
sambil menunjukkan jari-jari tangan. Ulangi hingga beberapa kali.
Ini
= 1
Yang
ini = 2
Kalau
yang ini = 3
b. Rumus 2
Instruksinya
= Ini jauh lebih mudah, perhatikan baik-baik! (yang diperhatikan adalah jumlah jari
yang diacungkan)
Setelah itu, tentukan rumus
yang akan digunakan. Misal rumusnya adalah 1
2 1. Acungkan jari-jari tangan,
peserta menebak angka yang dimaksud sesuai dengan rumus/aturan yang disebutkan.
15. Saling Mengenal Nama-Nama
Peserta
Peserta
berdiri membentuk lingkaran.
-
Tepuk
tangn 3x (prok..prok..prok)
-
Tepuk
paha 3x (sebut nama sendiri)
-
Tepuk
tangan 3x (prok..prok..prok)
-
Tepuk
paha 3x (sebutkan nama peserta lain yang
dikenal)
-
Kegiatan
dilanjutkan lagi oleh peserta yang disebut namanya oleh peserta sebelumnya.
Demikian seterusnya.
-
Seluruh
peserta terus bertepuk sepanjang permainan. Tepukan yang kompak membuat
permainan ini menjadi sangat menarik.
16. Ice breaking motivasi
Guru
: Anda siap belajar hari ini????
Siswa
: Siaaappppp...
Guru
: Yakin...???
Siswa
: Jika... (tangan kanan lurus ke
depan)
Belajar...(tangan kiri
lurus ke depan)
Saya ...(kedua tangan ditekuk membentuk 900 )
Biisaaa...(kedua tangan ditarik kuat ke
belakang, kedua tangan tetap mengepal.
17. Tepuk Cantik
a. Untuk perempuan
Tepuk cantikkk....!!!!
Prok...prok..prok
Maju..maju..maju
(sambil maju tiga langkah)
Mundur..mundur..mundur (mundur tiga langkah)
Cantik....
(berpose bak model sambil menghadap ke kanan)
Cantik....(berpose
bak model sambil menghadap ke kiri)
Cantik...(berpose
bak model dengan menghadap ke depan)
b. Untuk laki-laki
Tepuk
ganteng...!!!!
Prok..prok..prok..
Kanan..kanan..kanan
(melangkah ke kanan)
Kiri...kiri...kiri
(melangkah ke kiri)
Ganteng...ganteng..ganteng
(dengan gerakan bak model pria).
18. Permainan sambil mengenal buah
dalam Bahasa Inggris
Permainan
ini dilakukan dengan cara bernyanyi sambil meperagakan bentuk buah. Langkah
permainan sebagai berikut:
-
Watermelon..watermelon..(kedua
tangan membentuk lingkaran di depan perut)
-
Papaya..papaya...(tangan
kiri dan kanan bergerak 2x ke atas dengan posisi tidak sejajar dan telapak
tangan menghadap ke atas. Dilakuakn secara bergantian )
-
Banan..banana..(kedua
tangan dipinggang sambil bergoyang ke kanan dan ke kiri)
-
Tomato.....tomato...(kedua
tangan menggambar lingkaran sebanyak 2 x)
19. Permainan menembak
-
Jika
ada kata Doorrr......(gerakan tangan menembak), peserta menjawab “buummm”...
-
Dan
jika diucapkan kata Buuummm..., peserta menjawab Aaacchhh...(dengan gerakan
tangan dan badan yang lemas ke belakang).
20. Menunjuk arah
Permainan
ini untuk mengaktifkan peserta untuk berpindah tempat. Langkah permainannya
adalah:
Guru
: Angin berhembusss......!!!
Peserta:
Berhembus kemana??????
Guru
: berhembusss ke ..... (sebutkan tempat atau warna pakian pesrta)
Maka
seluruh peserta karus berlari ke tempat yang disebutkan.
SEPATAH KATA DARI PENULIS
B.
Latar
Belakang
Proses pembelajaran yang
dilakukan harus melibatkan tiga unsur yakni guru, siswa dan sumber belajar.
Ketiga unsur tesebut merupakan komponen utama yang harus terpenuhi, ditunjang
dengan penggunaan model pembelajaran, metode dan media demi tercapainya tujuan
pembelajaran yang telah direncanakan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa
setiap guru memiliki kemampuan berbeda, penguasaan metode yang berbeda namun
hal tersebut bukanlah masalah dan bukan sesuatu yang salah sepanjang kegiatan
tersebut mengikuti prosedur pembelajaran dan ada tujuan yang jelas yang akan di
capai.
Siswa sebagai subyek belajar
tentunya harus menjadi prioritas utama. Keterlibatan siswa dalam proses
pembelajaran harus diperhatikan, semakin siswa terlibat dalam pembelajaran
semakin memungkinkan ketercapaian tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan
hasil yang optimal.
Namun berdasarkan pengamatan
dan pengalaman kami, terkadang proses belajar sudah aktif, tujuan sudah
tercapai tetapi kebermaknaan pembelajaran terkadang bisa tergerus oleh waktu.
Hari ini mungkin sebagian besar anak bisa ingat, tetapi keesokan harinya mereka
lupa lagi sehingga terkadang membuat guru prustasi.Hal tersebut di atas sering
kami jumpai dalam materi-materi apa pun dan pada mata pelajaran apapun.
Berdasarkan pada keadaan
tersebut di atas, kami berusaha untuk mencoba membuat satu terobosan sebagai
implementasi keikutsertaan kami dalam pelatihan “Menjadi Guru Asyik dan
Menyenangkan” yang menjadi sumber inspirasi dan ladang ilmu baru bagi kami.
Kami memulai mengemas kesimpulan materi pelajaran dalam bentuk lagu. Lirik lagu merupakan gubahan dari lagu yang
rata-rata lagu anak yang telah mereka hapal.
C.
Dasar
pertimbangan
Mengemas materi pelajaran kami
pilih dengan pertimbangan bahwa:
1. Anak-anak usia SD sangat suka
menyanyi, apaun jenisnya.
2. Anak-anak cenderung lebih mudah
menghafal lagu dibandingkan dengan jenis bacaan biasa.
3. Lagu-lagu dapat dinyanyikan lagi
kapan saja sehingga pengulangan terus ada jadi anak tidak lupa.
4. Dengan menyanyi anak tidak bosan dan dapat
menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan bagi mereka. Jika anak senang
belajar apapun akan mereka terima dengan baik.
D.
Manfaat
dan Isi
Lagu-lagu pembelajaran dan ice
breaking dapat memberi manfaat seperti:
-
Lagu
berupa rangkuman materi pelajaran sangat mudah dihafal dan mudah diingat anak.
-
Membantu
guru menciptakan suasana belajar yang tidak membosankan.
-
Ice
breaking...pemacu semangat.
Buku ini berisi kumpulan lagu pembelajaran
dan ice breaking sederhana yang dapat dilakukan oleh semua guru karena tidak
menggunakan teknik yang rumit. Isi lagu dan ice breaking hasil kreasi sendiri
dan hasil karya orang lain yang dimodifikasi sesuai kebutuhan dan kemampuan.
E.
Harapan
Semoga sumbangan kecil ini bisa
memberi arti bagi murid-muridku dan pihak-pihak yang ingin menggunakannya. Tulisan ini sangatlah jauh dari kesempurnaan,
olehnya itu saran dan kritik sangat kami harapkan demi perbaikan di masa yang
akan datang.
Fastabiqulkhaerat
Makassar, 2015
Penulis
SURAT PERNYATAAN
Yang
bertanda tangan di bawah ini, Kepala SD Inpres Bertingkat Kelapa Tiga:
Nama : Hj. Hasnawati, S.Pd
NIP. : 195911301986122001
Pangkat/gol : Pembina Tk. I / IV b
Dengan ini memberikan apresiasi
yang tinggi kepada guru yang tersebut
namanya di bawah ini:
Nama : Rawiah, S.Pd
NIP. : 197604122004112001
Jabatan : Guru Kelas I A
Atas kerja kerasnya dalam menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan memberikan lagu-lagu pembelajaran
dan ice breaking di antara kegiatannya sehingga siswa semangat dan termotivasi
untuk belajar dengan baik.
Makassar,
..................... 2015
Kepala sekolah
Hj.
Hasnawati, S.Pd
NIP. 195911301986122001
|
Mantap bu,,,siap diaplikasikan di kelas
BalasHapusBagus sekali..
BalasHapus